10 Jenis tumor jinak berdasarkan lokasinya


jenis jenis tumor

Jenis tumor jinak berdasarkan lokasinya - Tumor jinak adalah pertumbuhan sel-sel yang berlebihan pada satu bagian tubuh dan tidak menyebar pada bagian tubuh lainnya, Namun tidak menutup kemungkinan tumor akan tumbuh menjadi lebih besar jika tidak ditangani dengan cepat. Berbeda jika sel sel yang tumbuh secara berlebihan ini menyebar kebagian tubuh lainnya maka akan disebut kanker atau tumor ganas. Bagi anda yang belum mengetahui perbedaan antara kanker dan tumor bisa melihat di artikel sebelumnya.


Pada artikel sebelumnya saya sudah membuat artikel perbedaan antara kanker dan tumor. Sebagai kelanjutannya saya akan melanjutkan artikel sebelumnya agar anda mendapatkan secara keseluruhan tentang tumor dan kanker. Pada artikel ini secara khusus saya akan membahas jenis jenis tumor jinak.

Jenis jenis tumor jinak

1.Lipoma
Jenis tumor jinak Lipoma adalah salah satu jenis tumor jinak yang banyak dijumpai. Lipoma adalah pertumbuhan sel lemak yang berlebihan dimana biasanya terjadi pada bagian tubuh seperti lengan, bahu , leher serta punggung. Tumor jinak ini juga memiliki sifat yang biasanya berbentuk bulat tumbuh pada bagian tubuh yang sudah disebutkan tadi.

Untuk penaganannya sendiri jenis tumor jinak ini biasanya akan dilakukan pembedahan dan mengangkatnya dari dalam tubuh sesuai dengan letak atau posisi tumbuhnya. Jenis tumor ini bisa dikatakan tidak terlalu berbahaya jika pertumbuhannya masih lambat, sebaliknya jika pertumbuhannya cepat maka harus dengan cepat ditangani oleh tim ahli.

2.Nevi
Berbeda dengan lipoma, Nevi sendiri terjadi pada permukaan kulit. Tumor ini akan terlihat seperti tahi lalat yang ada pada kulit. Anda harus dapat membedakan antara tumor ini dan tahi lalat , dimana tumor ini biasanya akan terlihat agak kemerahan dan kecoklatan serta akan terasa gatal. Selain itu jika anda melihat tahi lalat yang kemerahan atau kecoklatan tersebut semakin besar atau berkembang maka ada kemungkinan itu bukan tahi lalat melainkan tumor nevi. 

3.Fibroid
Fibroid atau dikenal juga dengan sebutal fibroma biasanya tumbuh pada jaringan fibrosa. Jenis tumor yang satu ini memang tidak begitu berbahaya namun dapat menyebabkan pendarahan hebat pada bagian vagina wanita. Jika dilihat dari segi tempatnya untuk jenis tumor yang satu ini, biasanya tumor fibroid ini terjadi pada rahim.

4.Adenoma
Jenis tumor ini sering terjadi pada usus besar namun tidak menutup kemungkinan tumor ini juga dapat tumbuh pada bagian lain seperti hati, kelenjar pituitari, kelenjar tiroid. Untuk cara mengatasinya sendiri khusus untuk jenis tumor yang satu ini bisa dilakukan pembedahan guna pengangkatan terhadap sel sel yang tumbuh secara berlebihan tersebut.
5.Mioma
Untuk lokasi tumbuh untuk tumor jenis ini terjadi pada otot . Untuk penanganannya sendiri untuk tumor mioma bisa dilakukan operasi untuk mengangkat sel yang tumbuh secara berlebihan tersebut dan bisa juga dilakukan dengan mengkonsumsi obat obatan untuk membunuh sel-sel berlebihan yang tumbuh tersebut.

6.Hemangiona
Jenis tumor hemangiona dianggap terlalu berbahaya karena biasanya tumor ini sudah tumbuh sejak lahir oleh pengidapnya dan sering diaggap sebagai tanda lahir oleh kebanyakan orang.

7.Meningioma
Tumor Janis meningioma pada umumnya dijumpai pada membran yang berada disekitaran otak. Untuk mengatasi tumor jenis ini bisa dilakukan pembedahan atau operasi yang disesuaikan dengan kondisi seperti tempatnya tumbuh serta gejala yang dialami oleh pengidapnya.

8.Neuroma
Tumor ini terjadi pada saraf keseimbangan atau saraf yang menghubungkan otak dan telinga, yang mengakibatkan saraf keseimbangan tertutupi oleh tumor ini. Tumor ini biasanya terjadi pada usia 30-60 tahun dan mayoritas pengidapnya adalah wanita. 

9.Osteokondroma
Tumor ini biasanaya terjadi pada daerah sendi seperti lutut atau bahu yang tumbuh seperti benjolan yang mengakibatkan nyeri dan menekan saraf bagian dimana tumor ini tumbuh. Metode yang dapat dilakukan guna menyembuhkan dari tumor jinak ini adalah dengan cara operasi.

10. papiloma
Tumor jinak papiloma sering menyerang wanita karena tumor jinak jenis ini kebanyakan terjadi pada leher rahim serta saluran payudara . Namun tidak menutup kemungkinan tumor ini juga dapat menyerang kaum pria karena bisa juga terjadi pada selaput lendir dan jaringan epitel pada kulit.


Dalam hal penanganan untuk jenis jenis tumor kebanyakan dengan dilakukan pembedahan untuk mengangkat tumor sampai ke akar akarnya. Sekian artikel ini, Semoga bermanfaat bagi anda Serta saya ucapkan terimakasih karena sudah mampir di blog wawasanda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Jenis tumor jinak berdasarkan lokasinya"

Post a Comment