Cara Membuat Channel Youtube Menjadi Channel Sukses



cara membuat channel youtube


Oke, kali ini saya akan sharing bagaimana cara agar bisa mendapatkan Ratusan ribu subscriber dalam waktu singkat.

Saya sudah banyak banget bikin video, pakai keyword, sudah centang hijau semua di tool TubeBuddy, sudah sharing, thumbnail juga sudah keren banget,tapi kok masih belum berkembang juga ya, sebabnya itu kenapa? Pertanyaan ini  mungkin sedang ada dibenak kawan-kawan.

Oke, sekarang begini saja, coba kalian taruh dulu semua itu,kita kembali ke hal yang paling pokok, hal yang harus dipikirkan baik-baik sebelum membuat channel youtube. Bagaimana cara membangun channel youtube biar lebih enak ikutin dan apa saja yang harus diperhatikan. Coba pahami dulu hal berikut ini.

Ini penting ya, karena ini adalah gambaran besar bagaimana strategi mengembangkan sebuah channel di YouTube.

Konten Youtube

Konten yang kita buat itu punya nilai apa, punya manfaat apa Kalian harus bisa mendefinisikan ini dulu, jangan pusing dulu masalah kualitas video, masalah audio, performa kita di video. Tapi kita harus punya dulu bayangan konten kita itu akan punya nilai apa.

Kalau kualitas video, nanti bisa kita kembangkan seiring dengan waktu. Nanti akan saya bahas tersendiri untuk mengenai hal ini. Sekarang anggap saja kamu sudah bisa bikin video yang bisa dinikmati penonton.
membuat konten youtube


Strategi menjadi Youtuber 

Saya akan bedah satu-satu ya,  Ada 4 strategi yang saya perhatikan dan saya gunakan dalam mengembangkan channel youtube agar dapat viewer dan subscriber.

Pertama adalah dari algoritma YouTube


Apa yang harus diperhatikan di bagian ini ? Pertama adalah jenis channelnya, maksudnya jenis kontennya ya.Sebenarnya ada 2 jenis channel yang bisa kalian pilih

Pertama tuh yang trending
Yang ke-2 adalah yang evergreen

Yang sesuai trending itu, biasanya umur viewernya pendek, tapi jumlah viewernya bisa tinggi dalam waktu singkat. Contohnya Video reaction, video unboxing, review, dan sebagainya.Kalau kalian pilih jenis konten ini, tipsnya adalah jadilah yang tercepat upload, karena kalau ketinggalan akan kalah sama yang lain.

Yang evergreen, sebaliknya, contohnya tutorial, komedi, prank, pokoknya yang kapanpun orang bisa nonton. Walaupun viewernya mungkin ga secepat seperti yang trending, tapi akan lebih lama video itu ditonton orang.

Dua jenis konten ini yang bisa memicu algoritma YouTube untuk merekomendasikan video kita Baik sesuai topik, maupun kata kunci. Itulah mengapa di bagian strategi ini, kalian harus perhatikan yang namanya SEO, Search Engine Optimization, bukan CEO, Itu mah jabatan di perusahaan.

Yang belum tahu, SEO itu cara agar video kita ditemukan oleh algoritma YouTube sebelum disodorkan ke penonton.

Bagaimana cara mendapatkan viewer dan subscriber dari channel kita sendiri


Jadi jangan hanya berhenti di strategi algoritma tadi, tapi kita harus manfaatkan channel kita untuk membuat channel kita maju.
Gimana caranya?

Pertama, kalian harus bisa bikin konten yang sifatnya mudah di-share, bisa dari konten murni yang benar-benar menarik atau bisa kita setting, contohnya kita bikin giveaway, challenge, dan sebagainya Ini bisa memicu orang untuk share, walaupun sifatnya sementara.

kita harus bisa mendapatkan subscriber yang aktif


Gimana caranya?

Hal yang paling utama adalah video kita diperuntukkan untuk mereka yang punya ketertarikan yang sama. Contohnya Channel yang khusus membahas seputar YouTuber, maka subscribernya sebagian besar berasal dari pemilik pemilik channel youtube.

Maka dari itu, jangan sub4sub karena subscriber dari situ ga peduli dengan isi channelmu. Selain itu juga bahaya buat keselamatan channelmu sendiri. Mengapa subscriber yang aktif itu penting? Karena hal ini akan dibaca oleh YouTube, channelmu menarik atau tidak, dibaca dari data ini, dari interaksi, dari like, comment, share, dan sebagainya

Link antar konten


Ini sudah banyak banget saya bahas ya, jadi pada dasarnya kita memanfaatkan fitur YouTube, seperti misalnya card, layar akhir, orang suruh klik ini, klik itu, dan sebagainya, Playlist juga termasuk di dalamnya.

Dengan 3 hal yang sepertinya sepele ini, kita bisa mendapatkan rekomendasi karena YouTube melihat channel kita tuh hidup. “Jadi yang belum subscribe, silakan pencet tombol merah dan jangan lupa pencet belnya”, contohnya seperti itu.

Memanfaatkan Internet

memanfaatkan media sosisal

Bikin website, bikin mailing list, bikin grup, aktif di media sosial, dan sebagainya. Yang awal dulu saya lakukan adalah aktif di grup-grup Facebook, share di Google+, bikin website, pasang signature di e-mail,  Itu semua adalah upaya saya agar channel saya dikenal dan mulai dilirik orang.

Oke, dari algoritma YouTube, dari channel kita, dari internet, sekarang strategi selanjutnya adalah dari bantuan channel lain, contohnya adalah collabs atau Kolaborasi bisa menguntungkan masing-masing karena setiap YouTuber punya penonton dan subscriber sendiri. Dengan bergabung, tentunya channel kita bisa juga lebih tersebar dan ditemukan oleh orang.

Empat strategi menjadi channel youtube sukses yang saya lakukan saat bikin channel youtube. Saat itu, saya tuh tidak pikirin channel saya bakal maju atau tidak, nggak mikirin hal remeh-temeh, Kok subscriber hilang satu? Kok viewer di analitik hilang 30, Bodo amat ! Ini urusan YouTube.

Saat itu yang saya pikirin adalah konten, konten, dan konten Yang cuma saya bungkus dengan 4 strategi tadi. Semua itu melelahkan, bikin cape, bikin kerja keras kita dor-doran, dan energi yang luar biasa. Dari bikin konsep, dari bikin video, shooting, editing, optimasi channel, dan sebagainya Itu kita harus lakukan. Yang penting tuh jangan manja, kok yang sono gitu, kok yang kayak gini, kok punya saya bisa kena teguran Itu mah urusan channel lain.

Mungkin itu saja artikel cara membuat channel youtube agar sukses , saya mohon maaf jika ada yang kurang dan terima kasih sudah mampir di blog saya yang sederhana ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Channel Youtube Menjadi Channel Sukses"

Post a Comment