Kesalahan Youtuber Pemula Yang Sudah Sering terjadi

Halo YouTubers!
Sangat banyak youtuber sekarang ini yang memiliki obsesi yang begitu besar sehingga kesalahan kesalahan saat menjadi youtuber menjadi terlupakan. Tidak perlu banyak basa basi, kita langsung saja masuk kedalam topik yang sangat penting untuk kamu youtubers.

kesalahan pertama, ga jaga kesehatan, akhirnya menghambat kreatifitas yang biasanya diakibatkan Kurang tidur, kurang makan, bergadangan, lupa mandi. YouTuber harus bisa hidup sehat agar performa dalam membuat konten dichannel kamu bisa maksimal dan bisa disukai oleh banyak penonton kamu di youtube.

Meniru Konten YouTuber lain

Sudah sehat itu bagus, tapi kalau kontennya jiplak, ga asyik bro. Namanya dimirip-miripin, kontennya dimirip-miripin intronya, musiknya, dan cara ngomongnya disama-samain, gitu ya akhirnya apa? orang cuma akan bilang channelmu channel KW alias abal-abal. Kemasannya sama, isinya sama, bukan begitu cara jadi YouTuber, oke? dapat ide atau dapat inspirasi dari orang lain itu nggak masalah. Tapi olah lagi jadi sebuah ide baru, kemasan baru, dan pakai gayamu sendiri

Ngga Punya Rencana (Planning)

Ga jelas rencananya gimana, nggak tahu, targetnya siapa, nggak paham strategi? kreatifnya gimana? Apalagi tentukan dulu kamu mau bikin apa, tujuannya apa, siapa yang bakal nonton, baru ke depannya lebih enak. Kalau nggak gitu kamu cuma buang-buang waktu saja di YouTube.

Apalagi kalau sering berubah-ubah pikiran, tau nggak sebabnya orang berubah2 pikiran ITU? karena biasanya cuma ikutin trend, ya kan? trennya ke sana ikut lari ke sana, trennya ke sini ikut lari ke sini Channel youtube mu jadi nggak jelas bentuknya.

Mantepin aja kamu mau bikin apa, stick di situ, usahakan tetap di situ karena YouTube mengutakaman watch time, maka ini yang sering saya liat dan bisa bikin channelmu nggak maju-maju, kamu harus perhatiin hal ini.

Kualitas Video

Gambar yang layak tonton dan audio yang jelas itu harus dijaga. Di channel saya juga ada beberapa video yang gambarnya hancur dan audionya parah banget. Saya mendapat banyak komplain, masukan, ini sangat berguna buat saya. Masih mending ada yang baik hati ngasih tau, coba kalau nggak cuma dilihat sebentar trus diclose videonya, channel kita bakal tambah sepi karena penonton ogah liat video yang menyiksa mata dan telinga.
Jika channelmu jenis vlog maka, pakai tripod hukumnya wajib! kalau hend held, sering latihan megang kamera yang stabil gimana, oke? nanti kapan-kapan saya bikin tips untuk menggunakan tripod kamera yang baik dan benar.

Transisi

Tahu kan transisi? animasi yang buat antar video itu berubah gambar dikasih efek, itu namanya transisi. Transisi itu kalau dipakainya pas akan menambah kecantikan video tapi kebanyakan, akan bikin annoying dan akan bikin ga nyaman ditonton. Jadi pasang transisi juga mesti dipikirin bukan hanya ditaruh sembarang, tapi harus tahu kamu taruh di situ itu maksudnya untuk apa.

Kebanyakan B-roll

Sebagai penguat cerita, b-roll yang biasanya isinya beauty shoot atau clip-clip pendek itu selain juga untuk sebagai penghantar, juga untuk penutup sebuah cerita. Kamu bikin vlog tapi separuh isinya cuma b-roll, slide foto, segala macam, itu akan bikin bosan penonton karena mereka mungkin berharap akan ceritamu. Pahami story yang kamu buat dan insert di menit yang tepat dan b-roll jangan terlalu Panjang 10 detik saja sudah cukup

Dead Space

Setiap detik di YouTube itu penting jangan biarin penonton menunggu sesuatu yang ga ada artinya. Kalau kamu perhatiin, konten-konten di YouTube itu pasti temponya cepat, nggak bertele-tele dan to the point. Kebanyakan basa-basi juga bikin orang akan bete. Jadi saat kamu shooting, kamu gpp ngomong banyak atau banyak coba hal baru. Tapi pas editing, pastikan kamu ambil bagian yang penting saja jangan ragu untuk cut yang ngga perlu dan coba posisikan kamu sebagai penonton.

Pakai Musik atau Materi Berhak Cipta


Selain kamu harus bisa memilih musik yang cocok untuk videomu, pastikan kamu pakai musik yang jelas hak ciptanya. YouTube sudah sediain yang free, tapi kalau kamu mau coba dari yang lain, pastikan kamu paham aturannya, aturan mereka yang kasih free musik tadi. Yang penting perhatiin ini, musik itu sebagai pengiring video, bukan untuk nyetelelin lagu yang kamu suka. Misalnya kamu suka musik metal,
terus semua kontenmu dikasih lagu metal iya kalo cocok, kalau nggak justru akan bikin videomu hancur sekalian, sekali lagi, posisikan dirimu sebagai penonton, oke?

Orientasi Uang

Sekarang masalah yang ada di diri kita. Dari pertanyaan-pertanyaan yang masuk, saya bisa simpulkan bahwa kebanyakan YouTuber pemula orientasinya uang, emang benar bro. Di YouTube itu bisa menghasilkan uang, tapi saat tujuan utamanya untuk jadi kaya di YouTube, kamu akan kecewa besar . Mengapa? karena kalau viewer dan subscribermu nggak banyak banget, penghasilan dari YouTube itu nggak seberapa bahkan nggak cukup untuk ongkos produksi videomu belum lagi waktu, kuota internet, alat, dan sebagainya.

Jadi sebaiknya, saat kamu mau jadi YouTuber, itu karena kamu suka bikin video, kamu punya sesuatu yang ingin kamu  share, kamu punya kreativitas, kamu suka belajar dan terutama kamu mau bekerja keras di YouTube itu prosesnya lama dan penuh tantangan. Sekarang coba kamu hitung, kita realistis sekarang, kerja kerasmu untuk setiap video yang kamu buat itu mau dihargai berapa? sejuta? dua juta? katakanlah sejuta deh. Buat ongkos kreatif, biaya shooting, listrik, editing, alat, dan internet, kalau seminggu kamu 2 kali upload, sebulan itu 8 kali bikin video. Untuk bisa dapatin 10 juta sebulan itu paling nggak kamu itu punya 100ribu subscriber dan rata-rata viewernya 50ribu per video, jumlah video yang diupload minimal 100 biji, Sanggup nggak? maka jadilah YouTuber, karena kamu suka membuat konten, karena kamu ingin jadi bagian dari komunitas platform ini


Ngga Sabar

Pengennya viewer meledak, pengennya subscriber banjir baru upload 10 video sudah gelisah dan rewel mengapa begini mengapa begitu, kok channel yang itu bagus, kok gw tetep begini saja dunia tidak adil, bikin dulu 100 video, rutin upload paling nggak setahun, baru kamu akan keliatan hasilnya. Kalau nggak keliatan juga berarti kamu nggak paham YouTube karena nggak pernah mau belajar. Stop aja jadi YouTuber karena mungkin nggak cocok buat kamu.

kalian YouTuber Made in Indonesia tetap semangat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesalahan Youtuber Pemula Yang Sudah Sering terjadi"

Post a Comment