Segini Penghasilan Para Youtubers Pemula


 Halo YouTubers!
kali ini akan saya bahas, berapa sih kita bisa dapat uang dari YouTube? saat ini, kalau saya lihat tuh ya, YouTuber-YouTuber baru itu hampir 90% alasan jadi content creator itu karena tergiur kebanjiran uang, bisa dimonet ga ya? bisa dimenot ga ya? semacam itu gapapa , sah-sah saja. Tapi ya itu, sering kali malah jadi salah focus karena cuma kejar syarat awal. Jadi lupa masalah yang paling penting, gimana bikin channel yang bagus, bagaimana sebenarnya YouTube itu memberikan bagi hasil iklan?

Jadi mungkin nggak bisa dijadiin patokan yang tepat, tapi paling ngga, kamu bisa dapat gambarannya di YouTube itu ada 5 jenis iklan yang nongol iklan bergambar, ini khusus muncul di desktop PC, iklan hamparan, juga khusus untuk desktop, kartu bersponsor, ini nongol di semua perangkat, iklan video yang bisa diskip, dan satu lagi yang nggak bisa diskip.

berapa YouTube menghargai iklan yang nongol di video kita? mereka pakai sistem yang namanya CPM atau bahasa Indonesianya BPS atau Biaya Per Seribu. Harga iklannya itu dihitung per seribu view, ini fluktuatif ya, naik turun tiap saat dan tiap channel, BPSnya bisa beda-beda tergantung dari nichenya, niche anak-anak mungkin nggak terlalu besar BPSnya. Untuk channel perempuan yang suka belanja, bisa jadi lebih besar BPSnya, untuk elektronik misalnya, juga mungkin akan lebih tinggi.

Waktu dan tempat juga berpengaruh di Indonesia juga termasuk yang BPSnya kecil dibanding dengan Amerika misalnya di sana bisa hampir dua kalinya dibanding di sini. Pada bulan liburan, akhir tahun, lebaran, advertiser akan gila-gilaan pasang iklan YouTuber juga biasanya akan panen setelah akhir tahun, di bulan Januari misalnya, biasanya akan mulai ngedrop lagi, kering lah pokoknya.

Parameter lain dalam penilaian iklan itu dari jenis iklan yang masuk, berapa lama iklan nongol ini semua akan mempengaruhi pendapatan kita. Bagaimana cara menghitungnya, sayangnya tidak ada yang tahu ini semua ada di tangan YouTube, oke?. Setiap iklan yang muncul tadi dan dibayar oleh advertiser, YouTube akan ngasih bagian kita.
Kalau saya cek di analitik, kisarannya itu sekitar 55%, bagi dua lah, lebih tinggi buat kita sedikit. Nah, dari nilai BPS harian yang kita dapat, pada akhir bulan, YouTube akan mengkalkulasi tayangan iklan dan hasilnya akan dilempar ke google adsense, dari sanalah kita akan menerima gaji.

Salah satu channel contoh ini mulai dapat iklan tuh sekitar tanggal 20 bulan September. Di bulan itu, channel ini memperoleh uang sekitar 654.798 dari 44,6rb view dengan nilai BPS sekitar 26.657. Bulan Oktober, ini sudah full sebulan ya, dapat sekitar 2.712.172 dengan penayangan 207,9rb dengan nilai BPS 23.706, terlihat turun ya. Bulan November sampai tanggal 15 ini, mulai naik lagi. Jadi, saya perkirakan dalam Desember nanti, nilai BPS akan terus naik jadi sampai pertengahan bulan November sejak channel ini demonetize, bisa mendapatkan uang sekitar 5.279.363 dari 391,4rb tayangan, dan rata-rata BPSnya 24.507. Ini semua dari channel yang viewernya nggak terlalu banyak. Channel ini bisa dapat view segitu juga dari 95 video kalau kalian bisa bikin video yang menarik, sesuai aturan dan pedoman tentunya akan lebih mudah lagi dapatin uangnya.

saya punya tips gimana agar video kita bisa terus-menerus menghasilkan uang di YouTube

Nomor 1, kamu bisa pilih konten yang evergreen ditonton sampai kapanpun masih oke. Contohnya komedi, tutorial yang tidak melibatkan perubahan alat atau update, misalnya memasak, make up, kerajinan tangan, itu sampai kapapun akan bisa ditonton, konten anak-anak juga bisa, kesenian, dan sebagainya.

kalau kontenmu melibatkan update, ini hanya akan ramai dalam satu periode tertentu saja. Review gadget, komputer, elektronik, tidak selamanya bisa ditonton karena perkembangannya itu cepat banget. Sekarang siapa yang mau nonton misalnya review iPhone 5, unboxing Samsung S4, ngga ada kan ? . Gaming juga ada masanya, kemarin ramai COC, Pokemon, sekarang sudah bubar. Mobile Legend, ada yang bilang tahun depan juga sudah mulai ditinggalkan. Konten seperti ini ramai dan hits, setelah itu mati. Oleh sebab itu, pertimbangkan lagi saat kamu memilih niche channel biar saat bisa dimonetize, videomu terus-menerus bisa menghasilkan.

Nomor 2, cobalah untuk mencari peluang lain selain dari adsense seperti jualan, afiliasi, endorse-an, dan sebagainya. Pilih yang dirasakan cocok buat channelmu dan coba rencanakan. Contohnya kamu pengen dapat endorse-an, kamunya sendiri nggak pernah nongol di videonya walaupun masih bisa, tapi agak susah.

Nomor 3, rencanakan kontenmu dengan baik dan bikin banyak video. Biarin nanti nggak ada yang nonton lagi, tapi saya akan paling tercepat bikin video saat ada update terbaru ada keluaran baru, bahas ada rilis baru, bahkan belum keluar juga kita bisa buatin risetnya.

Jadi sama saja, nggak akan selamanya ditonton, tapi channel saya update terus dengan banyak video yang diupload, walaupun nanti banyak yang nggak ditonton, tapi akan ada yang baru terus itu akan tetap menjaga konsistensi penghasilan channelmu, oke?

Tetap semangat ya buat yang belum monetize kamu harus konsentrasi dan fokus dulu di kontenmu biar peninjauannya lancer. jangan pikirin dulu masalah ini, nanti saja, fokus di masalah konten dan perkembangan channelmu. Semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Segini Penghasilan Para Youtubers Pemula"

Post a Comment