Cara Mebangun usaha dengan model open reseller

open reseller
open reseller

Saat ini membuka usaha baik secara offlin dan online sudah sangat terbantu dengan berkembang pesatnya teknologi seperti sudah tersedia banyak marketplace di internet yang akan memabantu usaha anda berkembang. Tak hanya marketplace, sosial media juga bisa anda manfaatkan untuk mengembangkan usaha anda dalam hal promosi bahkan penjualan.

Kali ini saya tidak akan menulis mengenai marketplace maupun sosial media akan tetapi saya akan membahas mengenail model bisnis reseller. Reseller sendiri merupakan orang yang akan menjual kembali produk anda kepada pelanggan mereka, ini artinya produk anda akan dibantu jual oleh para reseller reseller yang anda miliki, menarik bukan ?

Kenapa harus open reseller ?

Seperti  yang sudah saya sampaikan sebelumnya mengenai apa itu reseller, yap anda akan dibantu menjual produk anda oleh orang yang anda percayai dan disebut sebagai reseller. Coba anda bayangkan jika anda punya 100 reseller dan masing masing reseller dapat menjual 1 produk setiap harinya, maka akan ada 100 produk yang terkirim setiap harinya, hitungan ini hanya menjual 1 produk setiap harinya, bagaimana jika lebih ? wow hasilnya pasti luar biasa.

Alasan lain kenapa harus open reseller adalah agar cashflow usaha anda bisa lancar karena biasanya reseller akan membeli produk yang anda jual dalam jumlah yang banyak. Ternyata dengan open reseller anda tidak hanya berjualan saja, tetapi anda membagi-bagi rezeki kepada orang lain. Ini artinya dengan adanya usaha anda akan membuat banyak orang yang senang jika open reseller.
Lalu bagaimana cara untuk mencari reseller ? intinya adalah dari produk yang anda jual harus ada yang menarik karena reseller juga pasti mencari rezeki dan mengharapkan untung dari jualan produk anda. Jadi buatlah mereka tertarik untuk join reseller usaha anda.

Alasan kenapa orang tertarik join reseller


1.    Harga jual di proteksi

Harga jual produk yang anda jual harus ditetapkan dari anda jadi reseller tidak bisa menjual produk anda dengan harga yang seenaknya saja. Dengan begini antar reseller juga tidak ada persaingan dalam jual beli kepada konsumen produk anda. Harus ada ketegasan dari anda untuk hal harga jual , jika masih ada ditemukan reseller yang membandel langsung saja jalur distribusinya diputus.

2.    Edukasi

Jika anda memulai untuk open reseller pada usaha anda maka akan menemukan hal ini “reseller yang tidak punya pengalaman” artinya orang ingin join tersebut tidak punya basic atau pengalaman dalam menjual produk, bahkan yang sudah pernah menjadi reseller pun masih ada kendala dalam memasarkan produk. Jadi sangat penting bagi anda untu memberikan edukasi kepada reseller anda, serta perlu anda ketahui bahwa reseller sangat suka dengan supplier yang memberikan edukasi dan banyak reseller yang mencarinya.

3.    Supplier aktif

Anda sebagai supplier juga harus aktif dalam hal promo baik itu berupa endorsement maupun yang lainnya karena dengan promo, demand terhadap produk anda akan meningkat. Reseller sangat suka dengan produk yang memiliki daya jual yang tinggi karena tujuan mereka join reseller adalah mencari keuntungan juga sama seperti anda.

4.    Stok jelas

hal yang terakhir yang harus anda perhatikan untuk menarik perhatian reseller adalah memperhatikan stok produk anda, coba bayangkan dari nomer satu sampai nomer tiga sudah anda jalankan dengan baik dan sudah mendapatkan banyak reseller akan tetapi stok produk anda tidak jelas, hal ini akan membuat reseller kecewa dan bisa jadi mereka akhirnya keluar dari program reseller anda.

Kesulitan open reseller

Dengan model bisnis reseller tentu juga memiliki kesulitan, kesulitan yang paling mencolok terlihat adalah mengontrol reseller reseller anda. Mulai dari tidak semua reseller punya keahlian dalam hal jualan, sampai anda harus mengontrol reseller anda agar tidak membandel. Sebagian pertanyaan mengenai kesulitan open reseller sepertinya sudah terjawab pada bagian sebelumnya. Maka pada bagian ini tidak perlu saya menjelaskan lagi panjang lebar atau nanti kita akan kupas lagi pada tulisan selanjutnya.

Bisnis model seperti open reseller sudah dilakukan oleh banyak suplier dan memang terbukti berhasil dari kebanyakan yang melakukannya. Bahkan saya pernah mendengar ada yang memiliki reseller ribuan. Jadi sekarang giliran anda, semua keputusan di tangan anda. Saran saya eksekusi dari sekarang tidak perlu buang buang waktu lagi.

Saya sudahi saja tulisan mengenai open reseller ini, kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan saya ucapkan terimakasih karena sudah mampir di blog saya yang sederhana ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mebangun usaha dengan model open reseller"

Post a Comment