Cara Mendaftar dan Verifikasi Adsense Youtube 2019, Lengkap !


cara verifikasi adsense
Tahap aja saja yang harus dilakukan setelah channel kalian disetujui monetisasinya ?
Setelah berjuang mendapatkan 4000 jam dan 1000 subscriber, jangan dikira urusannya itu sudah selesai ini baru syarat awal untuk pengajuan monetisasi. Selanjutnya akan ditinjau apakah memenuhi syarat, ketentuan, dan pedoman YouTube atau nggak tidak hanya itu, ada syarat tambahan saat channel kalian nanti disetujui dan mulai menghasilkan uang. Kalau syarat-syarat ini nggak bisa dipenuhi, maka uang kalian akan nyangkut di AdSense tanpa bisa diambil atau malah monetisasi channelnya itu dinonaktifkan karena AdSensenya jadi bermasalah.

Nah, saat pendapatan AdSense itu sudah mencapai $10, maka halaman AdSense akan muncul pemberitahuan harus melakukan verifikasi ID. ada 2 hal yang akan diverifikasi pertama adalah kartu identitas, yang kedua adalah PIN untuk cek alamat. Untuk ID atau kartu identitas ini, kita diminta upload KTP, SIM, atau passport, verifikasi ID ini untuk mengecek nama dan tanggal lahir. Jadi nanti akan dicek apakah nama dan tanggal lahir yang terdaftar di AdSense sesuai dengan identitasnya. Perhatikan betul ini ya, buat kalian yang belum punya KTP atau belum cukup umur nggak bisa tipu-tipu masalah ini karena yang boleh terdaftar AdSense itu minimal berumur 18 tahun ke atas. Ubah tahun saja ah biar bisa daftar, ini percuma karena nanti akan dimintain KTP-nya, jadi buat yang umurnya masih di bawah itu bisa gunakan identitas orang tua atau saudara untuk daftar AdSense.

Dari berbagai info dan pengalaman teman-teman, yang terpenting saat kita mengirimkan foto identitas adalah nama dan tanggal lahirnya harus sama persis. Untuk alamat tidak menjadi masalah kalau misalnya beda, jadi misalnya alamat yang ditulis di AdSense itu adalah alamat tinggal sekarang dan bukan sesuai KTP itu masih diperbolehkan karena untuk urusan alamat, verifikasinya pakai PIN, nanti saya akan jelasin.

Hal yang sudah jadi masalah saat verifikasi identitas itu biasanya kualitas foto KTP-nya KTP-nya itu harus jelas, nggak buram, jangan kurang cahaya, nggak fokus, resolusinya juga harus cukup. Di beberapa kasus, ada nama yang pakai gelar, S.H., S.Kom., dan sejenisnya itu juga harus disesuaikan. Pokoknya nama yang terdaftar di AdSense harus sama persis dengan yang di KTP. Ada juga yang KTP-nya itu sudah kadaluarsa, walaupun sekarang di sini gapapa, atau nggak dipermasalahkan, AdSense nggak bisa menerima identitas yang sudah habis masa berlakunya, KTP yang urusannya berlaku seumur hidup juga sepertinya sekarang sudah nggak bias atau belum bisa mereka terima. untuk itu, kalian harus pakai alternatif misalnya menggunakan SIM atau passport yang pastinya ada masa berlakunya.
ilustrasi kartu identitas

Pengiriman foto kartu identitas ini hanya diberikan kesempatan 3 kali kalau sampai 3 kali ditolak, program monetisasinya dihentikan dan akun AdSense kita sudah tidak bisa diapa-apain. Uang yang sudah masuk juga akan berada di situ terus tanpa bisa ditarik.

Setelah verifikasi ID selesai, langkah selanjutnya adalah verifikasi alamat, Google AdSense akan mengirimkan PIN ke alamat terdaftar PIN ini nanti harus dimasukkan ke dalam form konfirmasi yang disediakan PIN akan otomatis terkirim setelah ada notifikasi di akun AdSense kita. Biasanya membutuhkan waktu 2-4 minggu walaupun pada prakteknya bisa lebih dari itu ya, ada yang 3 bulan baru dapat.

Saat masukin PIN kalau sudah dapat juga harus hati-hati, 3 kali salah nomor juga akunnya bisa kena suspend. Kita bisa mengirimkan permintaan PIN ulang jika sudah 1 bulan lebih PIN nggak nongol sebelum mengajukan ulang, juga harus perhatikan lagi alamatnya benar atau nggak di pengisian alamat AdSense ini, AdSense menyediakan 2 kolom alamat 1 dan alamat 2. Banyak yang salah kira bahwa ini harus masukkan 2 alamat, padahal maksudnya itu baris alamat kalau misalnya alamat di baris 1 nggak cukup, sambung ke alamat ke baris 2, ini mungkin yang jadi penyebab PINnya itu nggak sampai karena alamatnya jadi campur-campur, oke? kita hanya diberi kesempatan waktu hanya 4 bulan sejak PIN dikirim untuk memasukkan kode verifikasinya kalau nggak dimasukkan, maka akun AdSense YouTube bisa dinonaktifkan.

Selama proses permintaan PIN ini, sambil nunggu datang, kita bisa setting metode pembayarannya saat ini, pembayaran selalu pakai nomor rekening, itu wajib ya, kalau dulu kan ada pilihan pakai cek, pakai Western Union, atau transfer bank tapi saat ini harus pakai rekening bank semua, oke? kita bisa set pembayarannya dengan memasukkan nomor rekening yang kita miliki atau bisa juga dengan pinjam nomor rekening orang lain, jadi ini nggak harus atas nama pendaftar ya.

Setelah kita masukkan nomor rekening, Google akan kirim email yang meminta kita memverifikasi rekeningnya. Selanjutnya, Google akan mentransfer sejumlah angka di bawah 1000 rupiah kode ini yang harus dimasukkan ke verifikasi nomor rekening biasanya akan masuk antara 2-3 hari jadi harus rajin cek rekening apakah transferan dari Google tadi sudah masuk atau belum karena ada batas waktunya juga memasukkan angka tadi di kolom verifikasi. Kalau sampai terlambat, kode akan hangus dan proses transfer harus diulang. Kita harus minta transfer lagi dari Google AdSense.
Tiga tahap tadi yang harus dilalui sebelum pendapatan AdSense kita bisa ditarik, Kirim foto KTP, verifikasi PIN, dan verifikasi nomor rekening bank langkah-langkah tadi itu akan muncul notifikasinya saat kita login ke Google AdSense jadi tinggal ikutin saja petunjuknya di situ. Selain itu, kita juga akan mendapat pemberitahuan melalui email.
infografis alur pembayaran uang youtube ke youtuber

Setelah semua beres, baru kita penuhi ambang batas penarikan uang misalnya $100 atau sekitar 1,3 juta rupiah kalau bulan ini belum tercapai, maka akan disimpan dulu sampai bulan depan dan seterusnya. Setelah ambang tercapai, barulah AdSense mentransfer uangnya ke rekening terdaftar. Ingat ya, YouTube tidak setiap saat itu melempar pendapatan yang didapat dari iklan ke AdSense jadi dikumpulin dulu baru ditotal per bulan, barulah dilaporkan ke AdSense. Makanya jangan heran, di YouTube itu sudah ada penghasilannya sekian, kok di AdSense masih 0 karena memang belum waktunya dilaporkan. jadi prosesnya gitu ya, dari YouTube fix dulu, setelah fix angkanya baru dilempar ke AdSense. Setelah itu, baru AdSense transfer ke rekening kita setiap bulan.

Pusing kan? emang nggak gampang jadi YouTuber, bikin konten saja masih bingung, optimasi apalagi, belum ngejar-ngejar jam tayang dan subscriber, belum lagi urusan ginian, belum lagi nanti kena masalah AdSense, dinonaktifkan, segala macam, belum lagi urusan hak cipta, teguran, dan sebagainya. Cuma orang gila yang mau jadi YouTuber, gila kerja keras, gila belajar, gila semangat yang cuma gede bacot, jangan berharap banyak, oke? buat yang masih gila, pantengin channel ini, tenang saja, saya juga masih gila. semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mendaftar dan Verifikasi Adsense Youtube 2019, Lengkap !"

Post a Comment