Laptop Lemot ? Inilah Penyebab Laptop Menjadi Lambat

laptop lemot
Hallo selamat datang kembali, kali ini artikel yang saya tulis mengenai permasalahan yang sering dialami oleh pengguna laptop maupun pc yaitu penyebab laptop menjadi lemot. Sering sekali kita merasa jengkel jika laptop yang kita gunakan lemot karena menghambat aktivitas yang kita lakukan pada laptop. Tidak hanya anda saya pun merasa jengkel jika mengalami leptop yang lemot.

Ada beberapa yang perlu diperhatikan jika laptop yang anda gunakan lemot, saya akan bahas dengan lengkap pada artikel ini. Mari simak artikel ini agar permasalahan latop anda bisa diselesaikan.

Kapasitas RAM

Coba anda perhatikan berapa kapasitas ram laptop anda berapa ? ini hal pertama yang perlu diperhatikan jika mengalami laptop yang lambat performanya. Ram sendiri merupakan singkatan dari random acces memory dimana ram berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara pada saat anda menggunakan laptop.

Jadi ram sudah termasuk menjadi komponen yang penting ketika anda menjalankan suatu program pada laptop anda. Jika ram anda kecil maka sudah bisa dipastikan ketika menjalankan program yang cukup berat atau membutuhkan proses data yang besar maka akan mengakibatkan lemot atau lambat pada proses mengerjakan suatu program pada laptop anda.

Anda dapat mengecek ram laptop atau komputer anda dengan cara mengetikkan dxdiag pada run dengan menekan tombol windows+R pada keyboard laptop anda. Setelah muncul maka anda dapat melihat berapa besar kapasitas ram anda atau bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.

laptop lambat

Setelah anda mengetahui kapasitas ram laptop anda maka selanjutnya anda tinggal menyesuaikan dengan program yang akan anda jalankan pada laptop anda, apakah ram dan program itu sesuai atau tidak. Karena jika tidak sesuai maka sudah dipastikan laptop anda akan lemot sekali ketika melakukan proses.

Menjalankan banyak aplikasi

Faktor selanjutnya adalah aplikasi atau program yang dijalankan pada laptop anda terlalu banyak hingga hingga menyebabkan laptop anda lemot. Hal ini masih berkaitan dengan kapasitas RAM yang sudah saya jelaskan pada bagian sebelumnya karena berhubungan dengan proses.

Semakin besar kapasitas RAM anda maka semakin besar pula program yang bisa dijalankan pada laptop anda. Maka perlu anda perhatikan apakah ram pada laptop anda mumpuni untuk menjalankan program program yang anda jalankan pada laptop anda secara bersamaan.

Aplikasi terlalu berat

Nah faktor ini sangat penting anda perhatikan karena kasihan laptop yang anda gunakan sebenarnya tidak sanggup untuk menjalankan aplikasi tersebut tapi anda memaksakannya untuk menjalankan aplikasi tersebut.

Coba di cek lagi requirement aplikasi yang akan anda jalankan pada laptop anda, biasanya requirement ini tersedia pada web aplikasi ketika anda download. Jika aplikasi terlalu berat tidak hanya membuat laptop anda lambat bahkan bisa membuat laptop atau pc yang anda gunakan rusak karena kepanasan atau hal lainnya.

Virus

Salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah karena adanya virus karena virus akan menggandakan atau menggandakan dirinya sendiri sehingga akan membuat proses pada laptop anda meningkat pada saat menjalankannya.

Untuk mengatasinya maka anda perlu untuk berhati-hati ketika mencolokkan usb flashdisk ke laptop anda karena flashdisk sangat rentan dengan keberadaan virus begitu juga ketika mengakses internet. Untuk mengatasinya jika laptop anda sudah terserang oleh virus dengan scan laptop anda dengan antivirus dan basmi semua virus yang sudah bersarang pada laptop anda. Kalau saya biasanya menggunakan antivirus bawaan windows yaitu windows defender.

Nah itu penyebab laptop menajdi lemot atau lambat, semoga setelah membaca artikel ini laptop anda bisa kembali berjalan normal lagi dan tau penyebabnya apa. Sekian dan terimakasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Laptop Lemot ? Inilah Penyebab Laptop Menjadi Lambat"

Post a Comment